Hosting Unlimited Indonesia

kisah inspiratif Bripka Hamzah, SH, anggota POLRI unit K-9 Satwa Polda Sulsel yang nyambi sebagai petani.

 



PEDOMANMAKASSAR.ID GOWA - Dia adalah anggota POLRI lulusan Diktuk tamtama Brimob tahun 1993 yang memulai Dinas di Kepolisian pada unit Satwa K-9 POLDA Sulsel dari tahun 1993 hingga sekarang (26 tahun). 



Dg. Ngerang, demikian nama panggilannya, pria kelahiran Gowa 1973 ini, tepatnya 47 tahun silam, yang saat ini tinggal di Kampung kelahirannya Bontoa Desa Lempangan Kec. Bajeng Kab. Gowa, selepas dia melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparat kepolisian, ia mengisi waktu luangnya untuk mengelola tanaman padi pada area sawah dengan luas sekitar 60 are. 




"nyambi sebagai petani selain bisa menambah penghasilan guna memenuhi kebutuhan sehari - hari saya, juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran fisik yang sangat diperlukan oleh setiap anggota POLRI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, selain itu saya juga merasakan kebahagiaan tersendiri apabila mendapat hasil panen padi yang baik melalui hasil keringat saya sendiri", ujarnya. 



Kegiatan tersebut dia lakukan disela - sela waktu lepas jaga, ia melakukan kegiatan sebagai petani sejak 15 tahun terakhir hingga sekarang,  hasil dari panen padinya ia sisihkan dan ia gunakan untuk membantu kebutuhan sehari - hari serta untuk biaya pendidikan kedua anaknya yang sementara mengenyam pendidikan di bangku kuliah / UNM dan anak yang kedua duduk dibangku SMA. 



"hasil panen padi saya lumayan untuk kebutuhan sehari - hari dan juga untuk membantu biaya pendidikan kedua anak saya serta sebagian dari hasil panen padi yang saya sisihkan digunakan untuk biaya Umroh ke tanah suci oleh istri saya yang alhamdulillah telah berangkat tahun lalu" tambahnya. 



Masyarakat dilingkungan Bripka Hamzah, SH Dg Ngerang menilai bahwa dia adalah sosok polisi yang baik, ramah dan giat menyambung silaturahmi dengan masyarakat sekitar, selain berprofesi sebagai anggota POLRI ia juga nyambi sebagai petani yang cukup ulet mengelola sawahnya mulai dari turun langsung menanam bibit padi, memupuk, mengairi sawah hingga memanen hasil panen padi. 



"pak Hamzah dg ngerang bagi kami adalah sosok polisi yang baik dan ramah dan keunikannya diantara polisi - polisi yang kami kenal yaitu dia mengelola sawah seperti petani pada umumnya sehingga hal tersebut menjadi inspirasi tersendiri bagi kami sebagai petani untuk lebih giat lagi mengelola sawah kami seperti yang dilakukan oleh pak Hamzah Dg. Ngerang". ujar Dg. Sa'bu (50 Tahun), Masyarakat.



Dg ngerang berharap kepada anggota - anggota POLRI lainnya dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk melakukan kegiatan - kegiatan positif produktif sebagai salah satu contoh yaitu kegiatan bertani karena 

secara pribadi dapat meningkatkan kebugaran fisik juga bisa membantu kebutuhan ekonomi keluarga


Subscribe to receive free email updates: