Hosting Unlimited Indonesia

Irjen. Pol. Dr. HM. Fadil Imran, MSi, Kasatgas Nusantara yang Dipercaya Menjadi Kapolda Jawa Timur


PEDOMANMAKASSAR.ID JAKARTA - Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia kembali melakukan rotasi besar-besaran terhadap perwira tinggi dan menengah. Salah satunya adalah jabatan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Inspektur Jenderal Polisi Dr. H. Muhammad Fadil Imran, MSi ditunjuk Kapolri, Jenderal Pol. Drs. Idham Aziz, MSi menggantikan Irjen. Pol. Luki Hermawan yang dimutasi sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

Fadil Imran adalah sosok perwira energik dan intelek, lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991 kelahiran Makassar Sulawesi Selatan, 14 Agustus 1968. Ia matang dan berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya (Sahli Sosbud).

Kepastian pengangkatan Fadil Imran sebagai Kapolda Jawa Timur tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/1377/KEP/2020, yang ditandatangani oleh Wakapolri, Komjen. Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono, MSi, Jumat (1/5).

Berbeda dengan pendahulunya, Luki Hermawan, yang berpengalaman membidangi intelijen. M Fadil Imran yang merupakan alumni Akademi Polisi (Akpol) 1991 ini merupakan sosok yang berpengalaman membidangi reserse. Selain itu, Fadil Imran juga dipercaya menjadi Ketua Satgas Nusantara Polri menggantikan Komjen. Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono, MSi.

Tajuk Online mencoba menyajikan biodata dan profil HM Fadil Imran yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber. Dia memiliki rekam jejak menduduki beberapa jabatan penting di Polri.

Mulai dari Polres KP3 Tanjung Priok, Polres Kepulauan Riau, Polres Metro Jakarta, Polda Metro, hingga Mabes Polri.

Pada tahun 2008, Fadil Imran pernah menjabat sebagai Kasat III Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Pada tahun yang sama, ia kemudian menjabat sebagai Kapolres KP3 Tanjung Priok.

Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 2009, ia menjabat Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya.

Setelah tiga tahun menjabat, pada tahun 2011, Imran dimutasi untuk menduduki jabatan Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri.

Masih pada tahun yang sama, ia kemudian menduduki jabatan Direktur Ditreskrimum Polda Kepri.

Lalu, dua tahun kemudian, pada tahun 2013, ia menjabat sebagai Kapolres Metro Jakbar.

Dua tahun kemudian, pada 2015, ia dipindah untuk menduduki jabatan Analis Kebijakan Madya (Anjak Madya) Bidang Pidum Bareskrim Polri.

Setahun kemudian, pada tahun 2016, ia menjabat sebagai Direktur Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Jabatan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dipastikan mengalami pergantian. Dia digantikan Irjen Pol M Fadil Imran yang sebelumnya merupakan staf Ahli Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri.

Irjen. Pol. Dr. HM. Fadil Imran MSi. (foto : dok tajuk)
Imran berhasil membongkar kasus pembajakan film Warkop DKI Reborn, dan berhasil membekuk satu orang pelaku, berjenis kelamin wanita berinisial P (31).

Masih pada tahun yang sama, ia bergeser untuk menjabat sebagai Wakil Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Setahun kemudian, ia menjabat sebagai Dirtipid Siber Bareskrim Polri (2017) dan berhasil membongkar kasus besar yang berkaitan dengan organisasi siber terorganisir Muslim Cyber Army (MCA) pada Februari 2018 silam.

Dan pada tahun 2019, Imran menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri Jendral Idham Aziz hingga tahun 2020, sebelum akhirnya dimutasi menjadi Kapolda Jatim.

Polri Lakukan Mutasi Besar

Polri melakukan mutasi dalam sejumlah besar perwira tinggi dan menengahnya.

Kapolri Jendral Idham Aziz menunjuk sedikitnya 271 orang perwira tinggi dan menengah untuk menduduki sejumlah jabatan baru.

Melalui Telegram Kapolri bernomor ST/1377/KEP/2020. Nomor ST/1378/KEP/2020. Nomor ST/1381/KEP/2020, yang dilansir pada Jumat (1/5/2020).

Ternyata sejumlah pejabat utama Kepolisian Daerah Jatim tak luput dari mutasi jabatan tersebut. Bahkan pejabatan utama setingkat kapolda, juga turut berganti.

“Iya memang benar berdasarkan TR tersebut,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, saat dikonfirmasi, Jumat (1/5/2020).

Berdasarkan telegram tersebut, posisi yang kini sedang diemban Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, akan digantikan oleh Irjen Pol Fadil Imran yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya (SAHLI SOSBUD) Kapolri.

Sedangkan Irjen Pol Luki Hermawan akan menduduki jabatan sebagai Wakil Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Wakalemdiklat) Polri.

Selain itu, mutasi jabatan yang tercantum dalam telegram itu, juga menyebut pergantian pejabat di Polrestabes Surabaya, Polres Trenggalek, Polres Sidoarjo, Polres Ponorogo, Polres Gresik, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jatim, Biddokkes Polda Jatim.

Jabatan Kapolrestabes Surabaya yang sedang diemban oleh Kombes Pol Sandi Nugroho, bakal diganti oleh Kombes Pol Johnny Eddison Isir yang sebelumnya menjabat Kapolrestabes Medan Polda Sumatera Utara.

Sedangkan, Kombes Pol Sandi Nugroho bakal menduduki jabatan baru, yakni Penyidik Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Lalu, jabatan Kapolres Trenggalek akan dijabat oleh AKBP Doni Satria Sembiring, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Binsatpam/Polsus Ditbinmas Polsa Metro Jaya.

Kemudian, jabatan Wakapolres Sidoarjo bakal diisi oleh AKBP Deny Agung Andriana, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Ogan Komering Ulu Selatan Polda Sumatera Selatan.

Dan, jabatan Kabagwasidik Ditresnarkoba Polda Jatim akan diisi oleh AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar.

Selanjutnya, jabatan Kapolres Gresik akan diisi oleh AKBP Arief Fitrianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Ponorogo.

Sedangkan, Kapolres Ponogoro bakal diisi oleh AKBP M Nur Aziz yang sebelumnya menjabat sebagai Danyontar Mentarsis Ditbintarlat Lemdiklat Mabes Polri.

Kemudian, jabatan di Kabagdalops Roobs Polda Jatim bakal diisi oleh AKBP Erwan Soepai, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Jatim.

Lalu, jabatan Dittahti Polda Jatim yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Soetrisno, akan diganti oleh AKBP Deny Abrahams, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Flores Timur Polda NTT.

Sedangkan AKBP Soetrisno akan menduduki jabatan baru sebagai Agen Intelijen Kepolisian Madya Bantelkam Polri.

Lalu, jabatan Irwasda Polda Jatim yang diemban oleh Kombes Pol Awi Setiyono, bakal digantikan oleh Kombes Pol Sungkono, yang sebelumnya menjabat sebagai Irwasda Polda Maluku.

Sedangkan, Kombes Pol Awi Setiyono akan menjabat sebagai Karopenmas Divhumas Polri.

Terakhir, jabatan Kabiddokkes Polda Jatim akan diisi oleh Kombes Pol Hisbullah Huda, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagwasintern Rumkit Bhayangkara Pusdokkes Polri.

Belum diketahui kapan prosesi pelantikan pejabat baru tersebut. Namun berdasarkan telegram tersebut mekanisme mutasi atau kepindahan pejabat baru itu, akan menerapkan serangkaian tahapan protokol pencegahan Covid-19.

Selamat dan Sukses Atas Pelantikan 
Irjen Pol. Dr. M. Fadil Imran, S.I.K., M.Si Sebagai Kapolda Jawa Timur.

Subscribe to receive free email updates: